Bagi kalian yang terjun ke dunia blogging, pastilah pernah mendengar istilah CMS. Apa artinya? Content Management System (CMS) merupakan sebuah software yang digunakan untuk mengelola konten dalam sebuah website. Dengan CMS, pemilik dapat menambah, mengurangi maupun mengubah isi dari sebuah blog/situs yang mereka miliki. Penggunaan CMS juga mempermudah pemilik website karena tak diharuskan menguasai bahasa pemrograman.

 

Daftar CMS Terbaik dan Paling Direkomendasikan Untuk Pemula

Ketika kita ingin membuat sebuah website, maka sangatlah penting untuk memilih platform CMS yang bagus. Ini merupakan langkah awal yang sangat penting agar kedepannya juga lebih optimal. Lalu apa saja sih kriteria CMS yang baik itu? Kurang lebih seperti yang dijelaskan dibawah ini :

  1. Mampu memberikan kemudahan dalam menambah konten baru.
  2. Fitur mengedit yang baik dan mudah untuk digunakan.
  3. Fitur taksonomi yang bagus sehingga membuat konten menjadi lebih teratur.
  4. Forum dan komunitas yang baik sebagai tempat sharing.

 

Lalu apa platform CMS yang sekiranya memenuhi beberapa poin diatas? Sekarang ini ada beberapa yang sangat populer dan banyak digunakan di seluruh dunia. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak penjelasan masing-masing platform berikut ini.

 

#1. Joomla

rekomendasi platform cms terbaik untuk blogging

Ini merupakan salah satu platform CMS yang paling populer dan sangat disukai banyak blogger. Hal ini tentu karena user experiece yang bagus sehingga banyak orang suka untuk menggunakannya. Bisa dibilang platform yang satu ini sangat cocok untuk situs berbasis membership. Namun dibutuhkan keahlian khusus untuk bisa mengelolanya sehingga bagi yang awam harus belajar terlebih dahulu. Akan tetapi kesulitan itu sebanding dengan segala keunggulan yang Joombla miliki.

 

Kelebihan Joomla :

  1. Fitur Custom Post Types yang sangat baik.
  2. Manajemen user tingkat lanjut yang bagus.
  3. Banyak template menarik yang tersedia.
  4. Tersedia fitur multibahasa.

 

#2. WordPress

rekomendasi platform cms terbaik untuk blogging

Siapa sih yang tak kenal dengan platform yang satu ini. Mungkin ia lebih familiar sebagai platform blogging di kalangan orang awam. Namun kini wordpress sudah banyak berkembang dan dapat dimodif sedemikian rupa menggunakan themes dan juga plugin. Dari segi fitur tak usah diragukan lagi, wordpress mampu memberikan layanan yang sangat lengkap kepada para usernya. Selain itu dari segi penggunaannya juga terbilang simple bahkan untuk pemula sekalipun.

 

Kelebihan WordPress :

  1. Editor yang bagus dan memiliki fitur yang lengkap.
  2. Tersedianya banyak theme dan plugin yang bisa memenuhi kebutuhan user.
  3. Komunitas yang besar sebagai tempat sharing.
  4. Tak terlalu ribet untuk digunakan.

 

#3. Drupal

rekomendasi platform cms terbaik untuk blogging

Mungkin ada banyak dari kalian yang masih asing dengan platform yang satu ini. Memang tak sepopuler Joomla ataupun WordPress, namun platform yang satu ini masih menjadi salah satu pilihan terbaik. Ia mampu menyediakan fitur untuk mengelola custom post type yang sangat fleksibel. Selain itu dari segi taksonomi juga bagus sehingga memudahkan kita untuk mengorganisir konten agar lebih teratur.

 

Kelebihan Drupal :

  1. Fitur kelola custom post type yang fleksibel.
  2. Fitur managejemen user dan pengatura permission tingkat lanjut.
  3. Sistem taksonomi yang dapat diandalkan.
  4. Menyediakan fitur multibahasa.
  5. Sistem keamanan yang lebih kuat.

 

#4. Serendipity

rekomendasi platform cms terbaik untuk blogging

Sekarang kita memasuki platform CMS yang mungkin lebih asing lagi daripada Drupal. Akan tetapi mereka tetap mampu memberikan layanan terbaik, Serendipity adalah salah satu contohnya. Platform CMS yang satu ini terbilang bagus untuk membuild sebuah blog. Serendipity adalah CMS yang ringan namun tetap memiliki fitur yang memadai. Selain itu ada banyak theme dan juga plugin yang dapat membantu mengoptimalkan kinerja website kalian.

 

Kelebihan Serendipity :

  1. Ringan namun tetap memiliki fitur yang baik.
  2. Pilihan tema dan plugin yang banyak untuk memodifikasi situs.
  3. Cukup mudah digunakan untuk pemula.

 

#5. Typo3

rekomendasi platform cms terbaik untuk blogging

Mungkin ada yang heran karena tak pernah mendengar platform CMS yang satu ini. Tak heran sih karena CMS yang satu ini biasanya digunakan pada website dengan level enterprise. Maka dari itu dalam penggunaannya pun dibutuhkan keahlian khusus sehingga tidak disarankan bagi pemula. Untuk penginstalannya terbilang simple dan cukup cepat. Dari segi fitur ia memiliki dukungan multibahasa yang baik.

 

Kelebihan Typo3 :

  1. Cocok untuk website level enterprise.
  2. Memiliki dukungan multibahasa.
  3. Proses intalasi yang mudah.
  4. Fitur untuk pengelolaan data serta tool untuk beberapa website sekaligus.

 

#6. Dotclear

rekomendasi platform cms terbaik untuk blogging

Jika kalian merupakan seorang pemula, mungkin Dotclear merupakan salah satu platform CMS yang tepat. Ia memberikan layanan yang cukup mudah untuk dikelola dan digunakan untuk pemula. Meskipun begitu, bukan berarti fitur yang disediakan sedikit. Ada banyak tool yang bisa membantu kalian mengelola situs agar lebih optimal. Mulai dari membuat konten baru, mengelola taksonomi hingga manajemen konten bisa dilakukan dengan baik.

 

Kelebihan Dotclear :

  1. Mudah dan simple untuk digunakan.
  2. Mendukung format plain text, HTML mapun Wiki Syntax
  3. RSS feed yang mudah untuk dibuat.

 

#7. Chamilo

rekomendasi platform cms terbaik untuk blogging

Untuk yang satu ini terbilang cukup berbeda dan unik dibandingkan beberapa platform sebelumnya. Chamilo ini merupakan CMS yang khusus digunakan untuk website berbasis pembelajaran. Apa contohnya? Misalnya seperti website kursus online atau yang lainnya. Dengan bantuan Chamilo, kalian bisa menambahkan berbagai macam konten yang mendukung website kelas onlie tersebut.

 

Kelebihan Chamilo :

  1. CMS yang cocok untuk website belajar/kursus online.
  2. Layanan yang memudahkan untuk membuat materi, soal pilihan ganda, kuis ataupun tugas.
  3. Bisa menampung banyak pengajar dalam satu situs.

 

#8. ImpressPages

rekomendasi platform cms terbaik untuk blogging

Sederhana bukan berarti jelek, inilah yang coba dihadirkan oleh ImpressPages. Mereka memberikan sebuah tampilan yang sederhana namun terlihat elegan dan lebih nyaman untuk dikelola. Meskipun tak terlalu populer, namun CMS yang satu ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengelola website kalian.

 

Kelebihan ImpressPages

  1. Tampilan yang sederhana dan simple sehingga mudah digunakan.
  2. Editor konten dengan fitur yang lengkap.
  3. Tersedia banyak plugin dan tema.
  4. Fitur drag and drop pada page builder sehingga mudah digunakan.

 

Demikian sedikit review tentang beberapa platform CMS terbaik untuk membangun sebuah website. Jika kalian masih bertanya mana yang terbaik? Maka kembali pada kebutuhan masing-masing. Kalian ingin membangun website apa maka carilah CMS yang tepat untuk tujuan tersebut. Kenali kelebihan dan kekurangan masing-masing platform agar dapat menemukan mana opsi terbaik. Jika masih ada yang ingin ditanyakan, silahkan berkomentar dibawah.

Write A Comment