Berbagai macam hal sudah bisa kita lakukan secara online dan mudah. Contohnya saja mengecek tagihan Listrik dari PLN. Sekarang kita sudah bisa mengecek tagihan listrik secara online dengan mudah. Jadi kita tidak perlu lagi menebak-nebak tagihan listrik rumah yang kira miliki, atau kita sudah bayar tagihan tersebut atau belum. Terutama dengan adanya sistem remote dimana kalian bisa melihat histori pemakaian listrik kalian.

Listrik merupakan kebutuhan pokok dari setiap rumah. Sejak adanya gadget dan berbagai alat elektronik lainnya, kebutuhan akan adanya listrik semakin meningkat. Kadang kita merasa was-was terhadap tagihan listrik, apakah sama dengan bulan kemarin atau mungkin membengkak. Ada dua jenis pemasangan listrik yang bisa kita gunakan, yaitu Listrik prabayar dan pascabayar.

Listrk prabayar adalah sistem pembayaran listrik dengan menggunakan toke atau pulsa. Jadi apabila nominal yang ada di meteran listrik hampir habis, segera isi pulsa listrik kalian. ketika pulsa listrik hampir habis akan terdengar bunyi “beep-beep”. Sedangkan listrik pascabayar adalah sistem pembayaran listrik setelah kalian menggunakannya selama 1 bulan. Jadi kalian pakai dulu selama satu bulan baru pakai.

 

4 Cara Cek Tagihan Listrik Secara Online dengan Mudah

Berikut ini akan mastekno jelaskan empat cara untuk mengecek tagihan listrik rumah secara online termudah dan berhasil.

 

#1. Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Website

4 cara cek tagihan listrik secara online termudah

Salah satu website yang bisa kalian gunakan untuk cek tagihan PLN adalah www.cekbill.com. Lewat website  tersebut kalian bisa mengecek tagihan Listrik LPN kalian. Berikut ini adalah langkah-langkahhnya.

  1. Silahkan kalian buka website tersebut dan pilih Cek Tagihan Listrik PLN yang ada di sebelah kiri halaman.
  2. Masukkan ID pelanggan PLN kalian pada kolom yang tersedia.
  3. Masukkan kode captcha supaya dapat melanjutkan.
  4. Setelah itu klik Cek Tagihan.
  5. Setelah itu akan munvul tagihan listrik kalian beserta dengan status pembayarannya, apakah sudah dibayar atau belum.

 

#2. Cara Cek Tagihan Listrik Lewat iOS

4 cara cek tagihan listrik secara online termudah 2

Bagi kalian yang menggunakan Smartphone iOS, maka kalian bisa melakukan pengecekkan lewat Smartphone kalian. Ada beberapa aplikasi di App Store yang bisa digunakan untuk mengecek tagihan listrik. Contohnya adalah PLN Mobile, Tagihan, dan Cek Tagihan Listrik PLN. PLN Mobile merupakan aplikasi resmi milik PT PLN.

Aplikasi ini sebenarnya bukan Cuma bisa digunakan untuk cek tagihan listrik saja. Kalian juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk cek riwayat pemakaian listrik kwh rumah, transaksi token listrik, info status listrik, info progres permohonan, info lokasi pembayaran melalui banking, dan berbagai sarana pengaduan keluan pelanggan lainnya.

Semua ini dapat kalian download dan gunakan secara gratis di Smartphone kalian. Berikut ini adalah cara untuk mengecek tagihan listrik menggunakan PLN Mobile:

  1. Buka aplikasi PLN Mobile
  2. Silahkan kalian pilh Informasi pada tab menu.
  3. Setelah itu pilih Informasi Tagihan dan Token Listrik.
  4. Masukkan ID pelanggan atau nomor meteran rumah kalian, dan klik Cari.
  5. Setelah itu aplikasi akan menampilkan status tagihan listrik milik kalian beserta besaran nomiinalnya.

 

#3. Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Android

4 cara cek tagihan listrik secara online termudah 3

Bagi kalian yang menggunakan Smartphone Android juga bisa melakukan pengecekan tagihan PLN lewat ponsel pintar kalian. Kalian bisa menggunakan aplikais PLN Mobile untuk Android, aplikasi ini juga aplikasi resmi dari PT PLN untuk kalian para pengguna android.

Di aplikasi ini kalian dapat mengunakan fitur dimana kalian bisa menghubungi pusat layanan PLN 123 tanpa harus menggunakan operator seluler dan telepon rumah, kalian akan menggunakan Voice Over Internet Protocol (VoIP). Selan itu ada juga fitur informasi pemeliharaan di lokasi yang berdampak. Kalian juga bisa menyampaikan keluhan kalian terrhadap gangguna listrik yang terjadi lewat aplikasi tersbut.

Satu akun PLN Mobile bisa kalian daftarkan di empat IDPEL. Untuk melakukan pengecekkan tagihan listrik ini, pertama-tama kalian harus menguduh aplikasi PLN Mobile di PlayS tore. Berikut ini adalah cara mengecek tagihan listrik pln lewat Android.

  1. Pertama silhakan kalian buka aplikasi PLN Mobile.
  2. Silahkan kalian pilh Informasi pada tab menu.
  3. Setelah itu pilih Informasi Tagihan dan Token Listrik.
  4. Masukkan ID nomor meteran atau ID pelanggan milik kalian dan klik Cari.
  5. Setelah itu aplikasi akan menampilkan status tagihan listrik serta besaran nominal yang harus dibayar.

 

#4. Langganan Email PLN

4 cara cek tagihan listrik secara online termudah 4

Selain ketiga cara di atas, kalian juga bisa mengetahui tagihan listrik pln kalian melalui email. Untuk bisa mendapatkan email berupa e-biling yang berisi tagihan listrik, kalian harus terlebih dahulu mendaftar di e-billing PLN. Kalian bisa hubungi [email protected] lewat email atau bisa juga langsung hubungi customer service PLN yaitu di nomoe 123.

 

Hemat Engergi Listri dan Bayar Tagihan Listrik dengan Nyaman

Kita harus menerapkan pola hidup hemat energi listrik dan air. Kalian harus ingat bahwa ketersidaan listrik dan air terbatas. Dan seperti yang kalian ketahui bahwa kebutuhan kita akan dua hal tersebut tidak pernah selesai. Dengan menghemat listrik dan air ini kalian juga jadi bisa menghemat pengeluaran kalian. Kita sering kali memiliki kebiasaan buruk untuk menggunakan listrik bahkan di siang hari.

Banyak sekali cara yang bisa kalian gunakan untuk memperkecil biaya tagihan listrik bulanan kalian. Misalnya dengan menggunakakn lampu hemat engergi yang hanya menggunakan listrik relatif sedikit. Kalian juga bisa memanfaatkan sinar matahari di siang hari sebagai media penerangan utama. Kalian juga bisa menghemat penggunaan dengan beralih menggunakan listrik dengan sistem pulsa.

Listik pulsa ini bisa kalian sesuaikan dnegan kebutuhan yang sudah kalian atur dalam satu bulan. Dengan menggunakan cara di atas ini tentunya kalian bisa mengontrol pemakaian listrik rumah kalian dengan normal. Hal ini juga akan membuat kalian lebih bijak dalam menggunakan listrik di rumah kalian.

 

Demikianlah tutorial singkat yang bisa mastekno berikan kepada kalian tentang 4 cara cek tagihan listrik pln secara online dengan mudah. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat dan bisa membantu kalian untuk mengecek tagihan listrik bulanan kalian di rumah dengan mudah secara online. Kalian tidak perlu lagi was-was akan berapa nominal besara dari tagihan listrik di bulan ini lagi, karena kalian bisa langsung mengeceknya secara online.

Write A Comment