Ada pribahasa yang mengatakan “Besar pasak daripada tiang” yang memiliki arti bahwa pengeluaran lebih banyak daripada pemasukan. Banyak dari kita tentu pernah mengalami masalah finansial, bahkan setiap bulan kita akan mengalaminya. Hal ini terjadi karena kita kurang baik dalam memanage keuangan yang kita miliki. Beberapa orang mungkin akan mempercayakan seorang akutan keuangan untuk menangani masalah keuangan tersebut.

Namun untuk mengandalkan seorang akuntan keuangan tentu kita harus mengeluarkan uang. Nah sekarang ini kalian tidak perlu lagi menghabiskan uang untuk memperkejakan seorang akutan pribadi untuk mengatur keuangan kalian tiap bulannya.

 

10 Aplikasi Pengatur Keuangan Pribadi untuk HP Android

Hanya dengan menggunakan beberapa aplikasi pengatur keuangan berikut ini di HP Android kalian, maka aplikasi tersebut akan membantu kalian untuk mengatur keuangan kalian di setiap harinya.

 

#1. AndroMoney (Expense Track)

10 aplikasi pengatur keungan pribadi terbaik untuk android 1

Aplikasi yang satu ini bisa mengetahui pemasukan dan pengeluaran kalian dalam tampilan yang mudah dipahami dan secara rinci. Aplikasi in imenampilan kustom anggaran kalian secara rinci, grafik yang akan menunjukan pengeluaran kalian, serta kapasitas penyimpanan Dropbox dan Google Docs. Aplikasi ini juga akan sangat membantu kalian dalam menentukan anggaran untuk makan, jalan-jalan, nonton film, keperluan gadget, belanja pakaian, sampai dengan keperluan rumah tangga dan furniture. Download aplikasinya [DISINI].

 

#2. Catatan Keuangan – SukronMoh

10 aplikasi pengatur keungan pribadi terbaik untuk android 2

SukronMoh membuat sebuah aplikasi yang digunakan untuk menghitung pengeluaran hanya dengan menggunakan HP Android. Aplikasi tersebut adalah Catatan Keuangan, dengan aplikasi ini kalian bisa mengatur pengerluaran kalian setiap bulannya. Selain menghitung pengeluaran kalian, kalian jug akan mendapat laporan selisih antara penghasilan serta pengeluaran kalian dalam satu bulan. Aplikasi ini juga bisa memberikan laporan dalam bentuk grafik yang akan memudahkan kalian dalam membaca laporan keuangan kalian. Download aplikasinya [DISINI].

 

#3. Cash Droid

10 aplikasi pengatur keungan pribadi terbaik untuk android 3

Aplikasi berikutnya ini dapat menampilkan grafik keungan pribadi milik kalian. Pengembang aplikasi Cahs Droid ini mengklaim bahwa aplikasi ini merupakan aplikasi pengatur keuangan yang terbaik dibanding aplikasi yang sejenis. Tampilan grafik di Cash Droid in akan menampilkan analisis keuangan dan sebuah file CSV yang diimport (untuk versi Cash Droid Pro).

Aplikasi ini dapat berjalan dalam mode multi0windows pada beberapa perangkat seperti samsung.  Namun kalian harus berhati-hati ketika menggunakan versi gratis dari aplikasi ini karena terdapat beberapa iklan yang bisa menganggu kalian. Cash Droid ini juga bisa mengelompokan jenis pemasukan dan pengeluaran kalian. Contohnya sumber dana yang berasal dari gaji pokok, asuransi, tagihan dan servis mobil. Download aplikasinya [DISINI].

 

#4. Money Lover

10 aplikasi pengatur keungan pribadi terbaik untuk android 4

Jika kalian membutuhkan seorang asistne untuk mengatur keuangan kalian, maka kalian bisa coba untuk menginstal Money Lover. Aplikasi ini meurpakan aplikasi pengatur keuangan yang sangat praktis dan mudah digunakan. Beberapa fitur yang ada di aplikasi ini, diantaranya adalah savings, budget, dan event yang berfugnsi untuk mengatur pengeluaran kalian dalam satu bulan untuk berbagai kebutuhan mulai dari makan, hiburan, dan transportasi.

Dengan menggunakan aplikasi pengatur keuangan Moeny Loker ini kalian bisa mengontrol semua jenis pengeluaran yang kalian lakukan dengan mudah dan praktis. Kalian tidak perlu repot-repot untuk menulis laporan keuangan pribadi kalian di dalam sebuah buku atau kertas. Kalian bisa memantau pemasukan serta pengeluaran kalian lewat aplikasi Money Lover. Download aplikasinya [DISINI].

 

#5. Financial Calculators

10 aplikasi pengatur keungan pribadi terbaik untuk android 5

Sesuai dengan nama aplikasi ini, Financial Calculators bukan Cuma bisa kalian gunakan untuk mengatur anggaran kalian, namun kalian juga bisa menggunakannya menjadi alat bantu untuk mengatur keuangan kalian yang sangat berguna. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur, seperti Auto Lase Calculator, Auto Loan, Return on Invesment, Commercial Loan Calculator, dan masih banyak yang lainnya.

Dengan menggunakan aplikasi Financial Calculator ini kalian bisa menentukan manakan yang lebih efisien untuk keuangan yang kalian kelola antara membeli atau menyewa sesuatu yang kalian inginkan. Aplikasi keuangan inn ijuga dapat membantu kalian memahami suku bunga majemuk dan membantu kalian untuk secara konsisten melakukan set goals, seperti mewujudkan impian untuk membeli mobile dan rumah baru. Donwload aplikasinya [DISINI].

 

#6. Catatan Keuangan Harian

10 aplikasi pengatur keungan pribadi terbaik untuk android 6

Aplikasi buatan dari developer Asyncbite Software ini merupakan aplikasi pengatur keuangan yang menawarkan berbagai kemudahan untuk kalian dalam mencatat pengeluaran bulanan kalian. Di dalam aplikasi Catatan Keuangan Harian ini terdapat beragam fitur yang bisa dibilang lengkap, seperti mencatat pendapatan, pengeluaran, laporan bulanan, menghitung selisih, dan masih banyak fitur yang lainnya. Download aplikasinya [DISINI].

 

#7. Financisto

10 aplikasi pengatur keungan pribadi terbaik untuk android 7

Aplikasi berikut ini merupakan aplikasi multi-akun yang bisa kalian gunakan untuk mengatur keuangan di berbagai mata uang. Financicsto ini juga akan membantu kalian untuk melihat secara sederhana tentang seberapa baik dan buruk siklus keuangan kalian sekarang. Dengan aplikasi in ikalian bisa mencatata semua jenis pemsukan serta pengeluaran kalian sehari-hari.

Jika kalian lupa darimana uang kalian berkurang atau bertambah, kalian bisa melacaknya menggunakan aplikasi Financisto ini. Setelah kalian melakukan pelacakan, aplikasi ini akan menampilkan jenis pengeluaran kalian beserta dengan tanggal transaksinya. Aplikasi akan sangat mempermudah kalian dalam memantau keuangan kalian sehari-harinya. Download aplikasinya [DISINI].

 

#8. Mint

10 aplikasi pengatur keungan pribadi terbaik untuk android 8

Sama seperti namanya, Mint ini akan membantu kalian untuk menyegarkan kembali siklus keuangan milik kalian. Mint bisa digunakan untuk beberapa akun, pengigat tagihan, melakukan kategorisasi otomatis, dan melacak tujuan keuangan kalian. Selain itu Mint juga mampu melakukan credit scoring secara efektif. Mint akan sangat membantu kalia menyusun kembali budgeting supaya tidak melebihi pemasukan kalian.

Contohnya jika kalian mengeluarkan uang untuk makan maka tulisan pengeluaran pada kategory Food & Dining, kemudian saat kalian clubbing maka catatan pengeluaran pada kategory Alcohol & Bars.Kemudian ketika kalian belanja maka catata pengeluaran tersebut akan sesuai dengan jenis barang yang kalian beli, apakah itu untuk keperluan sehari-hari alat elektronik atau pakaian dan accessoris. Download aplikasinya [DISINI].

 

#9. Monefy

10 aplikasi pengatur keungan pribadi terbaik untuk android 9

Kalian tentu setuju bahwa aplikasi yang satu ini mempunyai tampilan yang sangat mencolok dan simple. Kesederhanaan ini sangatlah diperlukan dalam aplikasi pengatur keuangan. Karena kalian tentu sudah cukup merasa rumit saat mengatur keuangan kalian, bila kalian menggunakan aplikasi yang rumit lagi maka pengaturan keuangan kalian malah menjadi kacau.

Monefy ini mempunyai beberapa kategory yang bisa kalian gunakan ketika ingin mengur keuangan kalian. Interface yang sederhana dan efektif menajdi aspek penting dari aplikasi yang satu ini. Kalian hanya perlu memasukkan jumlah dana, setelah itu pilih kategori yang tepat. Aplikasi ini menawarkan berbagai kemudahan dalam mengatur keuangan kalian sehari-hari. Download aplikasinya [DISINI].

 

#10. MoneyWise

10 aplikasi pengatur keungan pribadi terbaik untuk android 10

Aplikasi pengatur keuangan yang terakhir adalah MoneyWise, dimana aplikasi ini menawarkan beberapa akun, grafk biaya dalam kategori waktu, penyesuaian anggaran, manajemen anggaran, penandaan biaya, dan pelacakan biaya. MoneyWise ini juga sudah mendukung beberapa bahasa. Aplikasi ini akan membantu kalian mengatur keuangan kalian baik itu pemasukan atau pun pengeluaran setiap bulannya. Download aplikasinya [DISINI].

 

Nah itulah sedikit informasi yang bisa bropulsa sampaikan kepada kalian tentang aplikasi pengatur keuangaan gratis terbaik yang bisa kalian gunakan untuk membantu mengatur keuangan bulanan kalian. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat dan kalian jadi bisa mengatur keuangan bulanan kalian sendiri tanpa harus memperkejakan akuntan yang memerluka biaya tambahan.

Write A Comment