Struktur Teks Eksplanasi: Pengertian, Contoh, Ciri, Kaidah

3 min read

teks eksplanasi

Tentu kalian sudah tidak asing lagi dengan yang namanya teks eksplanasi kan? Teks Eksplanasi adalah teks bacaan yang berisi informasi tentang proses terjadinya suatu peristiwa atau pun kejadian dan mengapa hal tersebut terjadi.

Setiap peristiwa baik itu alam ataupun sosial yang terjadi di sekitar kita pasti mempunyai hubungan sebab akibat dan proses. Kejadian  yang terjadi di sekitar kita ini bukan cuma bisa kita amati dan rasakan saja, namun juga bisa digunakan sebagai bahan pembelajaran.

Kenapa peristiwa tersebut bisa terjadi dan bagaimana bisa terjadi kejadian tersebut. Teks eksplanasi ini mempunyai tujuan untuk menjelaskan fenomena yang terjadi dan sebab-akibat suatu peristiwa atau kejadian yang terjadi di sekitar.

Contohnya ada sebuah rumah yang tiba-tiba roboh, nah disamping rumah tersebut pasti ada suatu faktor yang membuat rumah tersebut roboh. Misalnya seperti bahannya yang kurang bagus, pelapukan pada kayunya, tanahnya ambles, dan sebagainya.

Dengan adanya peristiwa tersebut kita bukan cuma mengamati saja, kita juga bisa mendapat pelajaran atas semua peristiwa yang terjadi. Sehingga ke depannya menjadi lebih waspada dan bisa terhindar dari hal-hal buruk yang pernah terjadi sebelumnya.

 

Struktur Teks Eksplanasi

struktur teks eksplanasi

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas sebelumnya bahwa teks eksplanasi memiliki 3 struktur yang membangun teks tersebut supaya menjadi satu kesatuan yang utuh. Berikut ini adalah struktur teks eksplanasi dan penjelasannya.

  • Pernyataan umum, bagian ini berisi pernyataan umum tentang suatu topik yang mau dijelaskan proses terjadinya atau proses keberadaannya.
  • Urutan Sebab Akibat, bagian ini berisi tentang penjelasan detail proses terjadinya yang disajikan dengan urut dari yang paling awal sampai dengan yang terakhir.
  • Interpretasi, bagian ini berisi kesimpulan tentang topik yang telah dijelaskan.

Baca Juga : Contoh Teks Eksplanasi Singkat

 

 

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

Sebuah teks eksplanasi memiliki ciri atau kaidah kebahasannya sendiri, berikut adalah kaidah kebahasaan dalam teks ekpslanasi:

  • Lebih banyak memakai verba material dan verba relasional atau kata kerja aktif.
  • Fokus kepada hal umum , bukan partisipasi manusia misalnya seperti banjir, tsunami, gempa bumi, udara, hujan, dan sebagainya.
  • Dimungkinkan memakai istilah ilmiah.
  • Menggunakan kata hubung waktu dan kausal, contohnya penggunaan: sebelum, sehingga, pertama, bila, kemudian, dan jika.
  • Menggunakan kalimat pasif.
  • Eksplanasi ditulis untuk membuat pembenaran bahwa suatu yang diterangkan secara kausal itu benar.

Baca Juga : Pengertian Teks Eksplanasi

 

 

Ciri – Ciri Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi mempunyai ciri-ciri mereka sendiri yang membedakannya  dengan teks jenis lain. berikut ini adalah ciri-ciri teks eksplanasi, yaitu:

  • Ada suatu pernyataan terhadap sebab akibat.
  • Memuat sebuah pengetahuan seperti keilmiahan ataupun ilmiah.
  • Informasi ini sudah dimuat berdasarkan fakta.
  • Menceritakan peristiwa atau kejadian.
  • Struktur teks ini terdiri dari 3 bagian, yaitu pernyataan umum, sebab akibat, dan interpretasi.

 

 

Contoh Teks Eksplanasi Singkat

contoh teks eksplanasi

Supaya kalian lebih paham tentang struktur-struktur dalam teks eksplanasi, berikut kami berikan contoh teks eksplanasi singkat.

Judul: Pengangguran

Pernyataan Umum

Salah satu permasalahan dan masih belum dapat terselesaikan di negara Indonesia ini yaitu pengangguran yang menjamur dimana – mana. Banyak pihak – pihak khususnya dari pemerintah berupaya untuk terus mencari solusi yang terbaik dan paling efektif dan efisien. Setelah kemerdekaan dan presiden telah berganti dari periode ke periode.

Masing – masing presiden di setiap periode telah mencanangkan berbagai macam program seperti halnya mengadakan pelatihan untuk masyarakat yang masih memiliki umur produktif serta mencanangkan berbagai macam program usaha untuk daerah – daerah yang memiliki potensi. Meskipun begitu, namun dari tahun ke tahun angka pengangguran tetap saja semakin naik.

 

Runtutan Penjelasan Sebab Akibat

Selain karena disebabkan oleh persaingan global yang semakin meningkat, terdapat faktor lain yang tidak seimbang antara pertumbuhan ekonomi di Indonesia dengan jumlah pencari kerja yang setiap tahunnya terus meningkat, belum memadahi dan meratanya SDM yang kompeten, meningkatnya jumlah PHK dan lain sebagainya.

Jika hal tersebut terus meningkat, tentu saja akan mengakibatkan berbagai macam dampak negatif. Beberapa dampak negatif yang akan di timbulkan yaitu meningkatnya angka kriminalitas dan juga kemiskinan serta dapat menyebabkan penurunan tingkat kesehatan.

 

Interpretasi

Banyaknya pengangguran tersebut juga dapat menyebabkan masalah – masalah lainnya. Oleh karena itu untuk mengatasi masalah – masalah tersebut, maka harus segera di carikan solusi pemecahan masalah yang tepat agar dapat mengurangi berbagai macam dampak negatif yang akan di sebabkan dari permasalahan di atas.

Beberapa langkah pemecahan yang dapat dilakukan yaitu berupaya untuk selalu melakukan perbaikan mulai dari sisi kualitas pendidikan serta menumbuhkan rasa kesadaran yang tinggi untuk setiap orang tua agar mampu memberikan arahan kepada anak – anaknya serta selalu memberikan dukungan sesuai dengan kemampuan dan minat anaknya.

 

Nah itulah informasi yang bisa mastekno sampaikan kepada kalian tentang struktur teks eksplanasi beserta pengertian, ciri-ciri, kaidah kebahasaan dan contohnya. Semoga bermanfaat dan membantu kalian dalam belajar.

Jika ada kesalahan kata dan informasi yang kurang tepat mohon dimaafkan dan dikoreksi. Jika masih bingung dan ada yang ingin ditanyakan silahkan komen di bawah, terima kasih.


Mochamad Alif Prayogo Pengin jadi orang kaya tapi belum tercapai, sudah berbagai usaha dilakukan tapi tidak konsisten, tolooong~