Perusahaan Jasa: Pengertian, Ciri, Contoh, Karakteristik

3 min read

pengertian perusahaan jasa

Di dalam ilmu ekonomi layanan atau jasa adalah suatu aktivitas ekonomi yang di dalamnya melibatkan interaksi dengan konsumen, selain itu bisa juga dengan barang – barang milik, namun tidak menghasilkan terjadinya transfer kepemilikan.

Mastekno kali ini ingin berbagi artikel untuk teman – teman semuanya mengenai Pengertian Perusahaan Jasa, Ciri – Ciri, Karakteristik, dan Contoh Perusahaan Jasa. Simak pembahasan artikel tentang perusahaan jasa di bawah ini dengan baik ya.

 

Pengertian Perusahaan Jasa

pengertian perusahaan jasa

Mastekno akan memberikan pengertian perusahaan jasa secara umum dan menurut ahli. Berikut pengertian perusahaan jasa :

 

Pengertian Perusahaan Jasa Secara Umum

Pada dasarnya pengertian perusahaan jasa secara umum adalah suatu unit usaha yang melakukan kegiatannya produksi produk yang tidak memiliki wujud atau dengan kata lain jasa dengan memiliki tujuan untuk mendapatkan laba ataupun keuntungan dari hal tersenit.

Perusahaan jasa juga dapat diartikan sebagai suatu perusahaan yang melakukan penjualan jasa yang diproduksinya dengan tujuan untuk memenuhi suatu kebutuhan konsumen sehingga di sisi lain juga mendapatkan keuntungan.

Namun umumnya perusahaan jasa juga membutuhkan produk fisik yang berwujud untuk melaksanakan kegiatan usaha tersebut. Dapat kita bayangkan misalnya pada perusahaan transportasi umum maka perusahaan diharuskan memiliki alat transportasi entah itu bus, pesawat, kapal, atau yang lainnya untuk memenuhi kebutuhan konsumennya.

 

Pengertian Perusahaan Jasa Menurut Ahli

Selanjutnya di bawah ini ada 2 pengertian jasa yang dikemukakan oleh ahli, yang pertama pengertian perusahaan jasa menurut philip kotler dan yang kedua pengertian perusahaan jasa menurut adrian payne. Definisi Perusahaan Jasa Menurut Ahli :

  1. Philip Kotler, Perusahaan jasa adalah perusahaan yang menawarkan tindakan yang abstrak atau tidak berwujud dan tidak menyebabkan pengalihan kepemilikan kepada orang lain.
  2. Adrian Payne, Perusahaan jasa adalah perusahaan yang melakukan kegiatan ekonomi yang memiliki nilai atau manfaat tidak berwujud, di mana ada interaksi dengan konsumen atau dengan barang yang dimiliki tetapi tidak menghasilkan transfer kepemilikan.

Baca Juga : PengertianPerusahaan Manufaktur

 

Karakteristik dan Ciri – Ciri Perusahaan Jasa

Kalian dapat mengidentifikasi suatu perusahaan apakah itu perusahaan jasa atau bukan dari karakteristik atau ciri – cirinya. Di bawah ini Mastekno memberikan kepada teman – teman beberapa ciri – ciri dari perusahaan jasa. Karakteristik Perusahaan Jasa :

  1. Produk jasa yang diberikan kepada konsumen tidak sama, oleh karena itu setiap konsumen mungkin mendapatkan jenis layanan berbeda dengan konsumen yang lain.
  2. Di dalam proses menghasilkan layanan, perusahaan bisa menggunakan bantuan dari produk fisik, bisa juga tidak.
  3. Untuk harga yang ada memiliki sifat tidak absolut, ini karena harga murah ataupun harga mahal yang ditetapkan dari perusahaan tergantung dari tingkat kebutuhan konsumen.
  4. Umumnya mempunyai persediaan produk yang memiliki bentuk fisik, ini karena produk yang dijual perusahaan jasa adalah produk tidak memiliki wujud, mereka menjual layanan. Dengan begitu produk yang dihasilkan perusahaan tersebut tidak bisa untuk dilihat, namun bisa dirasakan manfaatnya.
  5. Produk jasa yang dihasilkan tidak bisa untuk dapat disimpan, oleh karena itu setelah transaksi pembelian, penggunaan produk jasa akan segera untuk digunakan.
  6. Pendapatan perusahaannya berasal dari sejumlah penjualan layanan.

Baca Juga : Pengertian Perusahaan Dagang

 

 

Contoh Perusahaan Jasa

Ada banyak sekali contoh perusahaan jasa yang ada disekitar kita yang mungkin kamu tidak sadari bahwa itu adalah perusahaan jasa. Berikut ada beberapa contoh perusahaan jasa yang ada di negara Indonesia :

  1. Indosat Tbk.
  2. Garuda Indonesia Tbk.
  3. Agung Podomoro Land Tbk ( APLN )
  4. Alam Sutera Reality Tbk ( ASRI )
  5. Bakrieland Development Tbk ( ELTY )
  6. Lippo Karawaci Tbk ( LPKR )
  7. Bumi Serpong Damai Tbk ( BSDE )
  8. Bukit Darmo Property Tbk ( BKDP )
  9. Ciputra Development Tbk ( CTRA )
  10. Jasa Marga (Persero), Tbk. (JSMR)
  11. Waskita Karya (Persero), Tbk. (WSKT)
  12. Sentul City Tbk ( BKSL )
  13. Telekomunikasi Indonesia Tbk.
  14. Jasa Marga Tbk, dan lainnya.
  15. Bank Central Asia Tbk.
  16. Waskita Karya (Persero), Tbk. (WSKT)
  17. Bank Mandiri Tbk.
  18. Bank Danamon Indonesia Tbk.
  19. Waskita Karya (Persero), Tbk. (WSKT)
  20. Bank Rakyat Indonesia Tbk.

 

Oke seperti itulah artikel dari Mastekno kali ini yang berisi Pengertian Perusahaan Jasa, Ciri – Ciri, Karakteristik, dan Contoh Perusahaan Jasa. Semoga bisa membantu teman – teman pembaca semuanya, terimakasih telah berkunjung di Mastekno.


Sandy Kurnia Fajar Penyuka hewan seperti kucing, aku juga suka pemrograman dan merupakan sobat bucin.