Perdagangan Internasional: Jenis, Tujuan, Faktor, Contoh, Manfaat, Teori

4 min read

perdagangan internasional

Internasional adalah suatu istilah yang menyangkut dengan lebih dari satu negara. Hal tersebut bisa berupa dalam bentuk sebuah perusahaan, organisasi, bahasa, atau hal lainnya.

Arti internasional sendiri sering digunakan sebagai sebuah kata yang memiliki arti interaksi di antara lebih dari satu negara, bisa juga diartikan dengan melampaui batas negara.

Untuk teman – teman yang sedang ingin mengetahui lebih dalam terkait internasional, kali ini Mastekno akan membagikan artikel yang berisi pengertian perdagangan internasional, jenis, tujuan, faktor, manfaat, dan contohnya. Simak dengan baik ya!

 

Pengertian Perdagangan Internasional

Pengertian perdagangan internasional adalah suatu bentuk perdagangan antara dua belah pihak atau lebih yang asal negaranya dari negara yang berbeda antara yang satu dengan yang lain, dengan berdasarkan pada suatu perjanjian yang sudah disepakati semua pihak.

Pihak yang melakukan kegiatan perdagangan ini bisa dalam berupa pihak individu, kelompok, perusahaan atau pihak pemerintahan. Pasti ada diantara kalian yang pernah melakukan pembelian barang import entah itu secara langsung ataupun melalui toko online / marketplace internasional. Hal tersebut pada dasarnya merupakan salah satu bentuk dari perdagangan internasional.

 

 

Jenis Jenis Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional sendiri memiliki tiga jenis, yaitu perdagangan internasional bentuk bilateral, regional, dan multilateral. Berikut di bawah ini pembahasan terkait macam – macam perdagangan internasional dan contohnya.

  • Perdagangan bilateral adalah suatu bentuk perdagangan internasional yang meliputi hanya dua negara saja. Contoh perdagangan bilateral internasional adalah adanya perjanjian negara Indonesia dan Jepang untuk menjalin perdagangan ikan.
  • Perdagangan regional adalah suatu bentuk perdagangan internasional yang dilakukan negara pada kawasan tertentu. Contoh perdagangan bilateral regional bisa terlihat di dalam organisasi ASEAN dan Uni EROPA.
  • Perdagangan multilateral adalah suatu bentuk perdagangan internasional yang dilakukan oleh negara tanpa terbatas lokasi dan jumlah. Contoh perdagangan multilateral dapat terjadi di organisasi internasional seperti WTO dan IMF.

 

 

Tujuan Perdagangan Internasional

Dilakukannya perdagangan internasional tentu saja memiliki tujuan dan maksud tertentu yang ingin dicapai oleh semua pihak yang terlibat, di bawah adalah contoh dari tujuan dilakukannya perdagangan internasional. Tujuan Perdagangan Internasional :

  1. Sebagai alat untuk menambah devisa
  2. Sebagai bentuk untuk melindungi industri serta produksi dalam negeri
  3. Untuk mencari keuntungan mulai dari bidang politik, keamanan, sosial budaya, hingga pertahanan
  4. Untuk melakukan pemenuhan kebutuhan barang dan jasa yang diperlukan dalam negeri
  5. Mengenalkan barang produk dari dalam negeri
  6. Untuk menambah pengetahuan terkait barang produksi luar
  7. Sebagai salah satu cara untuk memperluas lapangan kerja
  8. Untuk menghemat biaya produksi barang

 

 

Teori Perdagangan Internasional

Secara umum perdagangan internasional memiliki 2 teori yang sering dibahas, teori tersebut adalah teori keunggulan komparatif dan teori keunggulan mutlak. Berikut sedikit penjelasan 2 teori perdagangan internasional :

  • Teori Keunggulan Mutlak, teori Perdagangan Internasional yang dikemukakan oleh Adam Smith di dalam bukunya yang berjudul Wealth of Nation menyatakan bahwa perdagangan internasional akan bisa memberikan suatu bentuk keuntungan kepada pihak negara yang bisa. Dapat dan mampu memproduksi barang dengan lebih efisien jika dibandingkan dengan negara lain.
  • Teori Keunggulan Komparatif, teori Perdagangan Internasional yang dikemukakan oleh David Ricardo ini menyatakan meskipun ada suatu negara yang tidak memiliki keunggulan secara mutlak dalam proses untuk memproduksi suatu barang, sebenarnya negara tersebut tetap bisa untuk ikut melakukan perdagangan internasional dalam bentuk barang yang paling efisien diproduksi.

 

 

Faktor Faktor Perdagangan Internasional

Proses berjalannya kegiatan perdagangan internasional ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, entah itu faktor yang mendukung proses terjadinya perdagangan internasional ataupun faktor penghambat kegiatan perdagangan internasional.

Berikut adalah faktor pendorong perdagangan internasional dan faktor penghambat perdagangan internasional :

 

Faktor Penghambat Perdagangan Internasional

  1. Tingkat keamanan dari sebuah negara.
  2. Resiko untuk pembayaran antar negara yang cenderung sulit apalagi jika dalam jumlah besar.
  3. Perbedaan dari mata uang yang digunakan antar negara.
  4. Kurs dari mata uang asing yang digunakan tidak stabil.
  5. Kualitas sumber daya yang berbeda ada yang rendah ada yang tinggi.
  6. Terjadinya pertempuran.
  7. Terdapat sistem kebijaksanaan impor yang ada di suatu negara.
  8. Terdapat suatu organisasi – organisasi di bidang ekonomi pada wilayah regional.

Baca Juga: Pengertian Laporan Keuangan.

 

Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

  1. Faktor keefektifan dari proses produksi barang
  2. Ketersediaan dari sumber daya alam yang dibutuhkan
  3. Rasa ingin menjalin relasi antara negara yang satu dengan negara yang lain
  4. Tingkat kebutuhan dan permintaan barang di dalam negeri
  5. Mendapatkan keuntungan terutama dalam segi ekonomi dari negara lain

 

 

Manfaat Perdagangan Internasional

Pada dasarnya ada banyak manfaat yang bisa diambil dari kegiatan perdagangan internasional, terutama di bidang ekonomi dan sosial. Dengan adanya kegiatan dagang internasional hal itu bisa meningkatkan ekonomi di suatu negara dan menambah relasi jaringan dengan orang dari luar negeri.

Di bawah ini ada beberapa manfaat yang bisa di dapatkan ketika melakukan perdagangan internasional. Manfaat Perdagangan Internasional :

  1. Untuk memperluas lapangan pekerjaan.
  2. Untuk mendapatkan produk dengan harga yang cenderung lebih murah.
  3. Untuk memperluas jangkauan dari pasar.
  4. Bisa berguna untuk meningkatkan devisa dari suatu negara.
  5. Untuk membantu memenuhi kebutuhan dan keperluan sehari – hari.

 

 

Contoh Perdagangan Internasional

Pada dasarnya perdagangan internasional adalah kegiatan perdagangan yang melintasi / melewati batas – batas dari suatu negara. Tujuan umum dari kegiatan perdagangan internasional ini biasanya untuk meningkatkan GDP yang ada di suatu negara.

Ada berbagai macam jenis perdagangan internasional, mulai dari Ekspor, Impor, Konsinyasi, Sea border crossing, Border crossing, Barter, Overland border crossing, Package deal, atau berbagai macam jenis kegiatan lainnya.

Mungkin sebagian besar negara di dunia ini pasti melakukan kegiatan perdagangan internasional. Tetapi karena kebijakan dari negara yang ketat biasa menghambat dan mempersulit kegiatan tersebut.

Baca Juga: Pengertian Valuta Asing.

 

Contoh nyata perdagangan internasional yang dilakukan oleh negara Indonesia misalnya Indonesia yang mengimpor bahan pangan beras dari negara Vietnam, lalu Indonesia yang melakukan barter hasil dari kebun dengan kapal jenis sukhoi dengan negara Rusia, dan Indonesia yang melakukan ekspor minyak kelapa sawit menuju ke negara Singapura dan Malaysia.

 

Itulah artikel dari mastekno pada kesempatan kali ini yang berisi pengertian perdagangan internasional, jenis, tujuan, faktor, manfaat, teori, dan contohnya. Semoga bisa membantu teman – teman yang sedang mencari referensi terkait perdagangan internasional.


Sandy Kurnia Fajar Penyuka hewan seperti kucing, aku juga suka pemrograman dan merupakan sobat bucin.