Hewan Ovipar: Pengertian, Ciri, Contoh, Penjelasan

4 min read

hewan jenis ovipar

Hewan adalah salah satu organisme yang diklasifikasikan di dalam kerajaan Animalia / metazoa, yang dimana itu merupakan salah satu dari makhluk hidup yang ada di bumi. Hewan biasa juga disebut binatang, fauna, ataupun satwa.

Ada berbagai macam cara hewan melakukan perkembang biakan, salah satunya adalah dengan cara bertelur dan menetas. Hewan yang berkembang dengan bertelur dan menetas memiliki nama lain yaitu hewan ovipar.

Pada kesempatan kali ini mastekno ingin berbagi artikel berkaitan dengan hal tersebut. Artikel dari Mastekno kali ini akan membahas mengenai Pengertian Hewan Ovipar, Ciri – Ciri, Contoh, Penjelasannya Secara Lengkap! Silakan simak dengan baik di bawah ini ya.

 

Pengertian Hewan Ovipar

Ovipar adalah salah satu cara untuk berkembang biak hewan, cara yang satu ini yaitu dengan hewan bertelur kemudian menetas, yang pada umumnya telur dari hewan tersebut dierami oleh induknya sampai menetas.

Sedangkan jika menurut Kamus besar bahasa Indonesia pengertian ovipar adalah jenis reproduksi yang mengakibatkan telur yang dikeluarkan berkembang dan menetas di luar badan induknya.

 

 

Ciri Ciri Hewan Ovipar

Seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi jika hewan ovipar adalah hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur dan menetas, namun supaya kalian bisa lebih paham mengenai seperti apa hewan ovipar, berikut di bawah ini mastekno juga memberikan beberapa ciri hewan ovipar :

  • Bukan termasuk kedalam jenis hewan mamalia.
  • Telurnya dierami oleh si induk sampai menetas.
  • Tidak memiliki daun pada telinganya (daun telinga).
  • Tidak memiliki kelenjar susu.
  • Induknya tidak menyusui anak – anaknya.
  • Termasuk sebagai hewan dengan jenis unggas.
  • Telur berada di bagian luar tubuh induk.

Baca Juga: Pengertian Hewan Vivipar.

 

Contoh Hewan Ovipar

Setelah kalian sudah tau mengenai pengertian hewan ovipar dan apa saja ciri – ciri hewan ovipar, berikut di bawah ini mastekno memberikan beberapa contoh hewan ovipar supaya kalian bisa lebih dalam paham mengenai hewan ovipar. Contoh Hewan Ovipar :

 

Hewan Ovipar Ayam

Ayam adalah hewan jenis unggas yang bisa dengan mudah kita temui di sekitar lingkungan orang Indonesia. Ayam bernafas dengan menggunakan paru – paru, mempunyai paruh, mempunyai 2 kaki yang berguna untuk berjalan sekaligus untuk mengais ketika mencari makanan.

Ayam jantan memiliki ceker, jengker, serta bisa berkokok. Ayam berkembang biak dengan cara ovipar / bertelur, ayam betina biasanya mengerami telur selama kurang lebih 3 minggu sampai telur tersebut menetas.

Untuk makanannya ayam biasanya memakan cacing, beras, jagung, tanaman muda, atau bahan makanan lainnya. Karena bisa dikatakan ayam merupakan hewan pemakan segala.

 

Hewan Ovipar Bebek

Sebenarnya bebek atau itik adalah salah satu jenis spesies burung yang termasuk dalam famili anatidae. Kebanyakan bebek termasuk kedalam burung air (akuatik) dengan ukuran yang cenderung lebih kecil jika dibandingkan jenisnya seperti angsa.

hewan ovipar bebek

Saat ini bebek juga seperti ayam, karena merupakan salah satu hewan ternak di Indonesia, jadi bebek bisa dengan mudah untuk bisa ditemui.

 

Hewan Ovipar Angsa

Angsa adalah jenis hewan yang habitat hidupnya di air (cenderung di atas air) dan di darat. Angsa memiliki ukuran yang lebih besar dari bebek dan ayam, angsa juga bisa menghasilkan 3 telur sampai 8 telur yang telah melewati proses inkubasi dengan ayam.

Hewan Ovipar Katak

Katak adalah binatang jenis amfibi, hewan ini biasanya memakan serangga. Katak biasa hidup di darat dan air tawar, memiliki kulit licin, umumnya berwarna hijau atau coklat, dengan kaki belakang yang lebih panjang daripada kaki depannya, pandai dalam melompat dan berenang.

Ada juga hewan sejenis ini yaitu kodok, terkadang orang banyak salah paham jika katak sama saja dengan kodok. Biasanya kodok ini mempunyai memiliki kulit kasar dan berbintil, tekstur kulitnya kering, kaki belakangnya pendek (tidak seperti katak).

 

Hewan Ovipar Nyamuk

Nyamuk adalah hewan yang termasuk kedalam ovipar / bertelur, hewan ini adalah jenis serangga dalam order Diptera Genera (Anopheles, Psorophora, Culex, Ochlerotatus, Sabethes, Aedes, Culiseta, Wyeomyia, dan Haemagoggus. Jika diperkirakan secara keseluruhan jumlahnya mencapai sekitar 35 genera dengan 2700 spesies.

 

Hewan Ovipar Kupu – Kupu

Kupu – kupu adalah serangga yang termasuk kedalam golonganordo Lepidoptera atau serangga dengan sayap yang bersisik. Kupu – kupu adalah salah satu hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur dan menetas (ovipar).

hewan ovipar kupu

 

Hewan Ovipar Ovipar Capung

Capung adalah jenis serangga yang tergolong di dalam bangsa Odonata. Serangga jenis ini biasanya tempat habitatnya dekat dengan air, ini karena mereka bertelur dan menghabiskan umur pra-dewasa di sekitar air.

Hewan ini melakukan reproduksi sel telur dengan membutuhkan waktu relatif lama. Biasanya capung membutuhkan sekitar 4 minggu sampai 6 minggu untuk menghasilkan suatu keturunan yang baru sampai capung tumbuh dewasa.

 

Hewan Ovipar Burung

Burung adalah hewan yang memiliki tulang belakang, bulu, dan sayap. Burung sendiri adalah salah satu jenis hewan yang melakukan kembangbiak keturunannya dengan cara ovipar atau bertelur.

hewan ovipar burung

 

Hewan Ovipar Buaya

Buaya adalah hewan reptil yang memiliki tubuh besar, biasanya mereka hidup di air meskipun pada dasarnya bisa hidup di daratan. Hewan ini dikenal sebagai hewan yang suka memangsa hewan unggas, selain itu buaya juga termasuk kedalam predator buas.

 

Hewan Ovipar Ikan

Ikan adalah hewan anggota vertebrata poikilotermik atau berdarah dingin, habitat ikan adalah di air, mereka bernapas dengan menggunakan insang. Ikan termasuk kedalam jenis kelompok vertebrata dengan spesies yang sangat banyak, kurang lebih sekitar 27 ribu spesies. Hewan ini termasuk kedalam jenis ovipar, biasanya ikan sekali bertelur bisa menghasilkan sampai ribuan telur.

hewan ovipar ikan

 

Hewan Ovipar Semut

Semut adalah salah satu contoh hewan yang hidup dalam kelompok yang terdiri berbagai macam jenis semut dengan ukuran yang berbeda dan memiliki warna yang berbeda sehingga dapat menemukan makanan atau melindungi telur nya.

 

Hewan Ovipar Ular

Ular adalah kelompok hewan reptilia yang tidak memiliki kaki dengan bentuk tubuh yang panjang, ular tersebar luas diseluruh belahan dunia. Semua jenis ular jika secara ilmiah dikelompokkan ke dalam satu subordo serpentes, ular juga merupakan anggota dari Squamata atau reptilia yang bersisik.

hewan ovipar ular

Baca Juga: Kumpulan Contoh Hewan Ovovivipar.

 

Baik seperti itulah artikel kali ini dari mastekno mengenai Pengertian Hewan Ovipar, Ciri – Ciri, Contoh, Penjelasannya Secara Lengkap. Mudah – mudahan artikel ini bisa bermanfaat untuk teman – teman semuanya. Terimakasih telah berkunjung di Mastekno.


Sandy Kurnia Fajar Penyuka hewan seperti kucing, aku juga suka pemrograman dan merupakan sobat bucin.